Ketik nama penyanyi atau judul lagu untuk mencari lagu kesukaanmu

Broery Marantika, Legenda, Mutiara dari Timur

Mengutip dari wikipedia indonesia, Broery Marantika atau dikenal juga dengan nama Broery Pesulima (lahir di AmbonMaluku25 Juni 1948 – meninggal di DepokJawa Barat7 April 2000 pada umur 51 tahun) adalah penyanyi dan komponis dari Indonesia.

Nama aslinya adalah Simon Dominggus Pesulima, selama kariernya ia juga menggunakan nama Broery Marantika yang diambil dari nama keluarga ibunya. Ia dibesarkan oleh keluarga pamannya dari pihak ibunya, Pdt. Simon Marantika. Ayahnya bernama Gijsberth Pesulima sedangkan ibunya bernama Wilmintje Marantika. Broery memiliki tiga saudara yaitu Henky, Freejohn dan Helmi. Helmi Pesulima juga dikenal sebagai seorang penyanyi.
Broery menikah pertama kali di Singapura dengan penyanyi setempat yang namanya tersohor di seluruh Asia, Anita Sarawak. Dalam pernikahan itu, Broery menggunakan nama Broery Abdullah. Setelah bercerai, ia kembali menggunakan nama aslinya, kembali dari keyakinan Kristen dan menikah Wanda Irene Latuperissa pada tahun 1989. Mereka memiliki dua anak Indonesia Putra Pesulima (lahir 23 Juli 1990) dan Nabila Methaya Pesulima (lahir 1991).
Broery juga memiliki seorang putra yang lahir 17 november 1971, bernama Trian Kayhatu Pesulima yang berasal dari hubungan di luar nikah dengan pacarnya pada waktu itu, Astrid Kayhatu.
Broery Marantika menjadi salah satu legendaris penyanyi Indonesia yang banyak menghasilkan album dan single.
Disini bisa di download beberapa lagu yang dipopulerkan oleh Broery Marantika

Tidak ada komentar: